Pada masa kemerdekaan muncul beberapa usaha pada pendidikan nonformal dan informal, jelaskan apa dampak positif dan negatif dari pergerakan pendidikan tersebut

Pada forum ini membahasa permasalahan tentang sejarah pendidikan di indonesia

Permasalahan 1

Pada masa kemerdekaan muncul beberapa usaha pada  pendidikan nonformal dan informal, jelaskan apa dampak positif dan negatif dari pergerakan pendidikan tersebut ?

 Permasalahan 2

Menurut anda, apakah pendidikan informal pada saat ini sudah berkualitas baik ?  Jelaskan disertai alasan

Jawaban

assalammualaikum Wr wb
Permasalahan 1
Dampak Positif

-Menjadikan masyarakat yang tidak paham tentang ilmu menjadi lebih tau.
-Dapat menjadikan masyarakat Indonesia menjadi lebih kreatif dan mau mengembangkan diri.
-Masyarakat memiliki bekal untuk mencari pekerjaan.

Dampak Negatif

-Kurang memiliki rasa hormat terhadap guru.
-Menjadi sombong dengan meremehkank orang lain.
-Menghadirkan dugaan-dugaan yang belum pasti dari masyarakat.

Permasalahan 2
Menurut saya pendidikan informal pada saat ini sudah berkualitas baik tapi ada kelebihan dan kekurangannya.
- Kelebihannya
Meliputi:

1. Proses belajar lebih natural karena seseorang bisa belajar dimanapun dan kapanpun dari pengalaman sehari-hari.
2. Bebas dari berbagai aturan regulasi dan batasan.
3. Melibatkan kegiatan seperti penelitian individu dan pribadi tentang topik yang menarik bagi diri mereka sendiri dengan memanfaatkan buku, perpustakaan, media sosial, internet atau mendapatkan bantuan dari pelatih informal.
4. Pendidikan informal memanfaatkan berbagai teknik.
5. Tidak ada rentang waktu tertentu.
6. Proses pembelajaran yang lebih murah dan hemat waktu.
7. Tidak perlu mempekerjakan ahli karena sebagian besar profesional mungkin bersedia berbagi pengetahuan berharga mereka dengan peserta didikatau publik misalnya melalui media sosial dan internet.
8. Peserta didik dapat mengambil informasi yang diperlukan dari buku, TV, radio atau percakapan dengan teman/anggota keluarga mereka.

- Kekuranganya
1. Informasi yang diperoleh dari internet, media sosial, TV, radio, atau percakapan dengan teman / anggota keluarga dapat menyebabkan disinformasi atau kesalahpahaman.
2. Teknik yang digunakan bisa jadi tidak sesuai.
3. Tidak ada jadwal/rentang waktu yang tepat.
4. Hasil tak terduga yang hanya membuang-buang waktu.
5. Rasa percaya diri dalam diri peserta didik kurang.
6. Tidak adanya disiplin, sikap dan kebiasaan baik.
7. Sumber terpercaya untuk mendapatkan pengetahuan tidak ada. Seseorang mungkin bisatermakan oleh jenis informasi yang menyesatkan.
8. Tidak adanya pelatih profesional dapat menyebabkan praktik pembelajaran yang tidak efisien.
9. Hal-hal tertentu yang dipelajari di sekolah seperti kedisiplinan, interaksi sosial dan ketrampilan komunikasi tidak tersedia dalam suasana pengajaran informal

0 comments:

Post a Comment