Hakikat Inovasi Pendidikan dan Difusi Inovasi Pendidikan

 Hakikat Inovasi Pendidikan dan Difusi Inovasi Pendidikan 

Sumber:lontongbanjar.blogspot.comm

Pada Materi ini, anda dapat mengetahui hakikat inovasi pendidikan tersbeut. Hal ini mengingat inovasi memberi pengaruh cukup signifikan terhadap pencapian muta pendidikan. Dan hakikat difusi inovasi pendidikan karena mempengaruhi terhadap kelancaran distribusi inovasi. 

Everett M. Rogers mendefinisikan inovasi adalah suatu ide, gagasan, praktik atau objek/benda yang disadari dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau sekelompok untuk diadopsi. 

3 hal utama inovasi pendidikan

Robbins memfokuskan pada 3 hal utama yaitu 

a.Gagasan baru, dapat berupa penemuan dari suatu gagasan, ide , sistem sampai pada kemungkinan gagasan mengkristal. 

b.Produk dan jasa adalah hasil langkah lanjutan dari adanya gagasan baru yang  ditindaklanjuti dengan berbagai aktivitas,kajian, penenlitian,percobaan yang menghasilkan konsep yang lebih konkrit dan berwujud  dalam bentuk produk atau jasa yang  siap dikembangan. 

c.Upaya perbaikan , usaha yang sistematis untuk melakukan penyempurnaan dan melakukan perbaikan sehingga buah inovasi itu dapat dirasakan manfaatnya.

Ciri inovasi pendidikan

Menurut Mile terdapat 4 ciri utama inovasi termasuk inovasi pendidikan yaitu 

a. Memiliki kekhasan 

b. Memiliki ciri atau unsur kebaruan 

c. Program inovasi dilaksanakan secara terencana 

d. Inovasi yang digulirkan memiliki tujuan 

Klasifikasi inovasi pendidikan

Hubberman membagi sifat perubahan dalam inovasi ke dalam 6 kelompok : 

1. Penggantian 

2. Perubahan 

3. Penambahan 

4. Penyusunan kembali 

5. Penghapusan 

6. Penguatan 

Faktor-faktor yang mempengaruhi Difusi Inovasi, dan Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Inovasi 

Sumber : riezky-library.blogspot.com

Pada materi ini, anda dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi difusi inovasi dan faktor pendukung serta faktor penghambat inovasi. 

Difusi inovasi pendidikan adalah penyebarluasan dari gagasan inovasi pendidikan melalui suatu proses komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan saluran tertentu dalam suatu rentang waktu tertentu di antara anggota sistem sosial masyarakat. 

Ciri difusi inovasi

Rogers mengemukakan 4 ciri penting dalam difusi inovasi yaitu 

a.Esensi inovasi itu sendiri , adad 3 hal yang berkaitan yaitu teknologi, informasi pertimbangan ketidakpastian dan reinovasi. 

b.Saluran komunikasi, dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu komunikasi homofil dan komunikasi heterofil. 

c. Faktor waktu dan proses pengambilan keputusan terdiri dari beberapa tahapan 

Tahapan dari model proses keputusan inovasi adalah 

 a. Tahap pengetahuan 

 b. Tahap bujukan 

 c. Tahap pengambilan keputusan 

 d. Tahap implementasi 

 e. Tahap konfirmasi 

d. Sistem sosial merupakan berbagai unit yang saling berhubungan dalam tatanan masyarakat dalam mencapai tujuan yang diharapkan. 

Sistem sosial

Disamping sistem sosial, struktur sosial serta norma sosial dan difusi juga mempengaruhi proses difusi inovasi. 

Sistem sosial melaksanakan kegiatan inovasi pendidikan : 

Kegiatan pemeliharaan terbatas 

Ukuran dan kewilayahan 

Fasilitas fisik 

Penggunaan waktu 

Tujuan yang ingin dicapai 

Prosedur yang digunakan 

Definisi peran 

Kondisi normatif 

Sistem struktur sosial 







0 comments:

Post a Comment